Lapangan Golf Ancol Disulap Jadi Taman Hayati

Rabu, 24 Februari 2010


Jajaran direksi PT Pembangunan Jaya Ancol sedang menanam pohon Bodhy sebagai tanda tahap pertama penanaman pohon dimulai, Rabu (24/2/2010). Penanaman pohon ini sekaligus menandai dimulai pembangunan ecopark 
 

Ladang Golf Taman Impian Jaya Ancol seluas 33,6 hektar akan ditutup mulai, Rabu (24/2/2010), ini untuk kemudian diubah menjadi taman keanekaragaman hayati bernama Ancol Ecopark.


Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Budikarya Sumadi, menyampaikan hal itu saat ditemui di Ancol, Jakarta, Rabu. Penutupan lapangan golf tersebut merupakan salah satu upaya Ancol untuk menambah ruang terbuka hijau dan ketersediaan oksigen di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Ini ingin diubah jadi RTH karena populasi Ancol itu bisa full 20 ribu orang. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen masyarakat yang datang ke sini, kalau suatu saat membludak lagi, (agar) kondisinya nggak panas, untuk menyejukan," katanya.

Selain misi penghijauan tersebut, Ancol juga mengubah padang golf menjadi Ecopark dengan alasan untuk menambah jumlah pengunjung Ancol. "Target kami, selama dua tahun, pengunjung akan bertambah 3 juta," kata Budikarya.

Penutupan lapangan golf Ancol hari ini ditandai dengan penanaman ratusan pohon oleh sekitar lima ratus siswa Sekolah Dasar beserta jajaran direksi Ancol. Selain itu, dalam kesempatan yang sama, pihak Ancol melepas ratusan burung dan puluhan tupai yang kemudian akan menghuni Ecopark. Ecopark yang menggantikan lapangan golf tersebut merupakan taman terbuka yang dilengkapi fasilitas edutainment, botanical garden, dan sarana adventure berbasis green lifestyle.

Ancol Ecopark nantinya akan terbagi menjadi beberapa kawasan dengan fungsi berbeda, yakni human kingdong, floral kingdom, dan fauna kingdom. Area human kingdom akan dilengkapi permainan petualangan ruang terbuka seperti menara, jembatan, taman petualangan, kano, pusat ilmu alam, panjat tebing, papan luncur. Sedangkan kawasan floral kingdom akan dilengkapi dengan taman botani, taman kupu-kupu, treetop walk, dan lainnya.

Sementara area fauna kingdom akan dilengkapi dengan bird watching, pulau monyet, museum serangga, konser musik dan film. Rencananya, pembangunan Ecopark akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2010 yang merupakan kerjasama Ancol dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI). Kepala Hubungan Masyarakat Taman Impian Jaya Ancol, Sofia Cakti mengatakan bahwa Ecopark akan ditanami sekitar 10.000 tumbuhan langka yang mendukung ekosistem sesuai arahan Yayasan Kehati. "Akan ada pohon bodhi yang dapat mengeluarkan oksigen 24 jam, eboni, dan pohon lainnya," imbuh Sofia. (C-12)

0 saran,Bagaimana Menurut Anda??klik disini: