Perokok yang Bertanggung Jawab, Bisakah?

Selasa, 09 Maret 2010

Tulisan ini di ilhami dari artikel Melarang Iklan Rokok yang saya secara subjective mendukung beberapa segi dari tulisan beliau
Sebagai seorang perokok (saya tidak tahu apakah saya masuk kategori social smoker, atau heavy smoker atau hanya “shower smoker”) tentus aja saya tidak memerlukan iklan. Bukan karena sudah fanatik dengan salah satu merek tetapi memang tidak suka melihat iklan :) pemborosan waktu menurut saya.
Saya sendiri adalah satu-satunya perokok di keluarga saya, dan terus terang saya sendiri merasa tidak di pengaruhi oleh teman-teman saya karena memang saya hanya mempunyai teman 3 orang :( dan semuanya bukan perokok.
Dan saya sendiri memang tidak berhasrat untuk memengaruhi teman atau lingkungan karena di pengaruhi ataupun tidak tergantung si “object” itu sendiri.
Sebagai perokok, saya sendiri mempunyai aturan-aturan yang saya usahakan untuk mematuhinya setiap hari.

Merokok didalam ruangan adalah satu dari hal yang saya tidak akan pernah mau melakukannya. Biarpun semacam airport yang ada smoking lounge saya sendiri tidak pernah memakainya karena alasan kebersihan semata (terutama smoking areal yang ada di beberapa aiport di Indonesia, lebih jorok daripada baksampah di rumah)
Merokok didepan anak-anak juga saya tidak begitu menyukainya. Bukan apa-apa, karena saya lebih suka beraktifitas dengan anak-anak daripada menyibukkan diri saya dengan  memegang rokok ataupun menjentikkan abu rokok ke asbak.
Di dalam mobil, karena saya suka berkonsentrasi dan tidak mau ada bekas rokok di jalanan (Ini sering saya lihat para pengemudi kendaraan yang merokok membuang puntung rokoknya begitu saja di jalanan)
Tidak menyuruh anak-anak untuk membeli rokok (saya rasa ini sudah umum kalau di Indonesia, si anak akan melakukan apa saja buat orang tuanya :))
Saya hanya akan merokok jika saya lagi sendiri atau lagi makan di areal terbuka. (Singapore yang lumayan ketat dengan aturan merokoknya, masih menyediakan ruangan terbuka dan manusiawi untuk para perokok di airport mereka)

0 saran,Bagaimana Menurut Anda??klik disini: