Negara yang Tidak Memungut Pajak

Selasa, 30 Maret 2010

Seorang teman bertanya via YM, ” bro, negara ap aj di dunia yg bebas dari pajak?” sambil mikir n pengen sok tau saya jawab sekenanya: “negara-negara Arab tajir kayaknya: Kuwait, Qatar, Jordan, Saudia mungkin”….gak perlu narik duit dari warganegaranya kalo semua bisa dibayar dengan Petrodollar,pikir saya sambil tetep buka FB. ” kalo luxemburg negara bebas pajak gak?” waduh saya sendiri juga tidak tahu sebenarnya, cuma jawab lagi sekenanya. “Negara Eropa kayaknya majakin WN-nya deh”, cuma saya balik tanya “emang pajak apa dulu neh? pajak buat impor barang atau bebas dari menarik pajak ke warganegara” tanya saya lagi. Lagian buat apa bro? saya menekankan pertanyaan. “tanya aja pak” jawabnya singkat.
Cuma terus terang setelah chatting saya baru kepikiran. Kalau negara bebas 100% dari pajak itu ada gak yah? apa negara pasti membebani WN-nya dengan pajak sebagai bagian dari kewajiban dan hak warganegara. Memang apa kata dunia kalau warganegara tidak bayar pajak?
Memang sudah terjadi plintiran (meminjam istilah GusDur) dari issue/wacana “makelar kasus” Polri ke kinerja dirjen pajak khususnya Depkeu (kata bu ani: owe lagi…owe lagi…;D). Orang lebih tertarik sama gayus daripada substansinya.
Aaaaah…..saya nulis emang suka gak fokus, kembali ke negara bebas pajak di dunia, apakah ada temen2 kompasiana yang bisa bantu? mencerahkan saya yang buta pajak cuma malam-malam ditanyain soal pajak, padahal saya bukan pakar.
Monggoooooo

0 saran,Bagaimana Menurut Anda??klik disini: