Belut yang Kaya Manfaat

Senin, 15 Maret 2010

Gara gara sarapan belut goreng saya jadi penasaran dengan hewan menggelikan yang satu ini. Sekedar intermezzo aja, saya emang dilahirkan di jogja tepatnya didaerah yang banyak budidaya belutnya. kalo melihat belut idup sih saya juga geli geli gimana gitu, tapi begitu si belut berubah menjadi peyek or belut goreng or balado, duh selera makan langsung meningkat. it’s so crispy.
 
Setelah nyari nyari artikel tentang belut saya baru tahu ternyata ntu hewan yang punya nama latin monopterus albus, mengandung protein tinggi, serta zat zat gizi yang lengkap. Manfaatnyapun tak kalah banyak. Belut dapat digunakan  sebagai penambah darah, pengobatan penyakit liver, sebagai afrodisiak sehingga diyakini dapat meningkatkan gairah seksual, serta sangat bagus dikonsumsi anak anak karena dapat memperkuat tulang. Minyak belut ( weh kaya apa itu ya?) juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan  merawat payudara terutama bagi kaum hawa.

Disamping memiliki nilai kesehatan, belut juga bernilai ekonomis. Budidaya belut termasuk usaha yang cukup menjanjikan mengingat permintaan belut baik untuk konsumsi dalam negeri maupun eksport nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga belut dikota kota besar di indinesia lumayan mahal bisa nyampe 50.000/ kg untuk yang hidup. Apalagi kalau sudak menjadi masakan olahan pasti harganya jauh lebih mahal. So ada yang minat buat budidaya belut?

0 saran,Bagaimana Menurut Anda??klik disini: