Tips Sepatu Anti Bau

Rabu, 14 April 2010


unic77.blogspot.com
Sumber gambar:unic77.blogspot.com
Satu hal yang saya benci jika akan sholat jumat di mesjd sekolah atau mesjid kampus adalah “polusi udara” yang dihasilkan oleh berpuluh-puluh pasang sepatu di pelataran mesjid.  Hal yang sama bisa saya dapatkan di kosan cowok. Entah kenapa makhluk bernama pria ini kebanyakan sedemikian joroknya dan cueknya terhadap bau sepatu itu.  Sudah kebal barangkali?
Saya sendiri termasuk dalam golongan pria kebanyakan tersebut.  Selama 3 tahun SMA, saya hanya mencuci sepatu tiap libur panjang saja (Cawu & libur lebaran).  Selama 5 tahun kuliah pun tak jauh beda.  Alasannya, karena saya hanya punya satu pasang sepatu & modelnya sport yang busanya tebal, maka akan repot kalau sehari tak kering.
Namun alhamdulillah, selama ini belum satu pun yang bilang sepatu/kaki saya bau. Mungkin karena memang tdk bau, atau mereka ga berani.  Saya sih anggap yang pertama aja, biar husnuzon. Karena saya punya tipsnya.  Serius lho, kalo becanda, Anda akan menemukan artikel ini di bagian hiburan, bukan kesehatan.  Ini dia tipsnya:
1. Sepatu
a. jangan biarkan sepatu Anda basah, baik oleh keringat maupun air.  Anda bisa mengelap bagian dalam sepatu dengan lap kering.
b. setelah dipakai, angin-anginkan sepatu Anda, jika menginginkannya benar-benar kering Anda bisa menjemurnya tapi jangan lebih dari 15 menit.  Dan ingat! jangan langsung dijemur setelah dipakai, tapi angin-anginkan dulu.
c. jangan menaruh sepatu di tempat yang gelap dan lembab, jangan menaruhnya di tempat tertutup setelah dipakai.
2. Kaos kaki (ini adalah kuncinya)
a. anda boleh hanya punya 1 pasang sepatu, tapi kaos kaki wajib diganti tiap hari (tentu saja, yang sudah diganti harus dicuci, jangan dibiarkan saja). Jadi kalau Anda 5 hari kerja, minimal harus punya 3 pasang kaos kaki.
b. DILARANG KERAS menyimpan kaos kaki bekas pakai dalam sepatu (ini kesalahan paling sering dilakukan).  Hal ini menyebabkan bau baik pada sepatu maupun kaos kaki.
c. sama seperti sepatu, kaos kaki pun harus dijaga agar tetap kering, tapi ingat lagi! jangan langsung dijemur atau dicuci setelah dipakai.
d. jangan menyimpan kaos kaki dalam keadaan tergulung, di tempat gelap dan atau lembab.
3. Kaki
a. sama seperti sepatu dan kaos kaki, jaga agar kaki tetap kering.
b. saat akan sholat, jangan langsung ambil wudhu setelah lepas sepatu dan kaos kaki, tapi biarkan dahulu kaki diangin-anginkan sebentar.
c. jaga kebersihan kaki dan kukunya.
Sementara itu saja tipsnya, Anda boleh mencobanya di rumah.  Kalau Anda orang yang malas mencuci sepatu, maka harus mencobanya ;-)
Salam….

0 saran,Bagaimana Menurut Anda??klik disini: